Cara Mematikan Auto Update di Windows 10

Cara Mematikan Automatic Update di Windows 10 - Sistem operasi Windows 10 ini banyak di gunakan pada perangkat komputer maupun laptop. Bagi sobat yang menggunakan sistem operasi Windows 10 ketika konek ke internet biasanya secara otomatis akan memeriksa pembaruan dan menginstal pembaruan yang mereka temukan. Banyak dari para pengguna yang kurang suka akan update otomatis ini, kali ini cekdidot blog akan memberikan informasi mengenai cara menonaktifkan fitur update otomatis pada Windows 10.

Sistem operasi yang di luncurkan pada bulan Juli 2015 ini merupakan generasi terakhir dari sistem operasi windows. Windows 10 sendiri akan diplot menjadi nama sistem operasi dari Microsoft untuk jangka panjang. Dibandingkan dengan Windows 8 atau 8.1 sistem operasi baru ini mempunyai fitur yang berbeda. Menurut Microsoft, Windows 10 dirancang dari nol, bukan perbaikan dari operasi sisrem versi sebelumnya.

Pada Windows 10 Microsoft telah mengubah berbagai lokasi pengaturan dan komponen. Kebanyakan pengaturan tersebut sudah dipindah dari Control Panel ke aplikasi Settings yang lebih simple, dan ada juga beberapa yang dihapus sepenuhnya. Contohnya seperti Windows Update, pengaturan windows update telah dipindahkan dari control panel ke aplikasi settings yang baru.

Cara Menonaktifkan Windows Update pada Windows 10 dengan Mudah

Seperti yang sobat ketahui bahwa update otomatis windows 10 secara default tidak bisa dimatikan, tentunya akan membuat kuota sering tersedot. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Microsoft telah mengubah berbagai lokasi pengaturan dan komponen pada Windows 10. Berikut ini cara yang bisa anda gunakan untuk mematikan fitur auto update di Windows 10.

1. Cara Mematikan Auto Update di Windows 10 Melalui Metered Connection
  • Buka menu Settings atau dengan shortcut Windows + L.
  • Masuk ke menu Network & Internet.
  • Pada menu Wi-Fi pilih Advanced Options.
    Cara Menonaktifkan Windows Update pada Windows 10 dengan Mudah
  • Langkah terakhir adalah membuat Metered Connection menjadi On.
    Cara Menonaktifkan Windows Update pada Windows 10 dengan Mudah

2. Cara Mematikan Auto Update di Windows 10 Melalui Defer Upgrade
Bagi pengguna windows 10 pro sobat bisa menonaktifkan update otomatis melalui Defer Upgrade. Kelebihan defer upgrade kamu tetap mendapatkan patch security sehingga windows 10 sobat tetap aman, tetapi untuk update berupa fitur baru dan peningkatan fitur tidak akan diunduh sehingga kuota kamu akan lebih hemat.
  • Buka Windows Update > Advanced Options
  • Kemudian Centang Defer Upgrade

3. Mematikan Windows Update Service 
Cara yang ketiga ini adalah cara yang paling ampuh untuk menonaktifkan update otomatis di Windows 10.
  • Buka Run dan ketik services.msc lalu tekan Enter
  • Cari Windows Update pada services list.
  • Setelah menemukannya, Klik 2 kali lalu akan muncul jendela Windows Update Properties.
  • Pada jendela Windows Update Properties set Startup Type menjadi “Disabled”.
  • Klik Stop untuk menghentikan services. 
  • Kemudian Apply dan OK.

Perlu menjadi catatan bahwa menonaktifkan fitur update otomatis pada Windows 10 bukanlah ide yang bagus, karena sobat tidak akan mendaptkan pembaharuan dan penigkatan keamanan terbaru. Dari tiga cara mematikan auto update di Windows 10 bisa sobat pilih salah satu. Sobat boleh untuk share artikel diatas ke jejaring sosial, barangkali saja ada orang lain yang membutuhkan.

Blogger pemula ysng tertarik tentang dunai teknologi dan menulis semampunya.


EmoticonEmoticon