Begini Spesifikasi dan Keunggulan Jaringan 5G

Belum genap satu tahun jaringan 4G merambah tanah air, kini sudah muncul generasi terbaru yang disebut dengan jaringan 5G. Pada sebuah pertemuan di kota Lisbon (Portugal), organisai 3GPP belum lama ini mengumumkan penyelesaian spesifikasi dan keunggulan teknologi nirkabel generasi kelima atau yang biasa disebut dengan 5G.

Seperti yang diharapkan teknologi 5G yang baru akan dapat bekerja di kedua pita spektrum radio frekuensi rendah dan tinggi, mulai dari 450MHz dan mencapai 52GHz. Frekuensi yang lebih tinggi (misalnya 26GHz) akan memberikan kecepatan terbaik dan menemukan penerimaan di antara koneksi broadband nirkabel tetap.

International Telecommunication Union (ITU-R) cenderung mendefinisikan jaringan 5G berdasarkan standar IMT-2020, sama seperti orang lain tidak mengantisipasi penerapan komersial pertama yang terjadi sampai tahun 2020 (banyak spektrum yang diperlukan tetapi tidak akan tersedia sampai saat itu ). Namun beberapa negara akan selalu melakukan inovasi dan tahun 2018 kemungkinan akan penuh dengan uji coba lapangan skala besar.

Spesifikasi dan Keunggulan Jaringan 5G Terbaru 2018

Kecepatan teoritis puncak akhirnya bisa mencapai setinggi 20Gbps (Gigabits per second), meskipun kemungkinan akan mengambil sedikit evolusi sebelum kita melihatnya dan masih memiliki kapasitas bersama di antara banyak pengguna.

Perusahaan perangkat keras smartphone seperti Qualcomm, Intel, dan lainnya dapat mulai membuat produk dan komponen nirkabel 5G berdasarkan standar resmi ini. Pada bulan November, Qualcomm, ZTE, dan China Mobile mengumumkan uji coba sistem interoperabilitas 5G NR end-to-end pertama di dunia berdasarkan standar yang dikembangkan oleh grup 3GPP.

Meskipun ini merupakan langkah penting untuk meluncurkan ponsel dan jaringan nirkabel 5G, karya grup 3GPP belum selesai. Mereka juga harus menyetujui spesifikasi Standalone (SA) 5G, dan hal itu diperkirakan tidak akan terjadi sampai Juni 2018.

Ini akan membuat 5G lebih cepat dan lebih cepat daripada koneksi kabel tercepat yang saat ini digunakan. Jaringan ponsel mobile EE bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi, Huawei telah mendemonstrasikan jaringan 5G pada bulan November lalu. Jaringan tersebut menunjukkan angka kecepatan download 2,8 Gbps.

Keunggulan Jaringan 5G dapat memenuhi berbagai skenario aplikasi dengan koneksi antar benda menjadi skenario yang utama, termasuk mengemudi otonom, kendaraan terkoneksi (V2X), pengiriman melalui drone, dan otomasi robot industri (Industry 4.0). Bagian terpenting dari koneksi 5G adalah kemampuannya dalam menghadirkan VR dan AI (Artificial Intelligence) yang lebih baik, menghubungkan mesin ke mesin (M2M), dan membawa Internet of Things (IoT) ke tahap selanjutnya.

Blogger pemula ysng tertarik tentang dunai teknologi dan menulis semampunya.


EmoticonEmoticon