Baru Beli HP Android? Ini 5 Tips Yang Wajib Kamu Ketahui

5 Tips Setelah Membeli Hp Android Baru - Berbagai macam model Hp Android dengan teknologi terbaru tersedia banyak di pasaran, dari mulai harga murah sampai yang mahal. Pada akhir atau awal tahun biasanya banyak promo menarik dan ini merupakan kesempatan untuk membeli gadget baru. Mempunyai ponsel baru pastinya akan sangat menyenangkan, apalagi HP yang baru dibeli tersebut sudah lama di idamkan.
 
Nah, jika saat ini kamu baru saja membeli ponsel Android, sobat pasti bertanya - tanya apa yang dilakukan setelah membeli hp baru. Ada baiknya sobat baca beberapa tips tentang handphone baru, khususnya ponsel Android.

Tips yang dimaksud akan membantu kamu mengenal lebih dalam barang yang kamu punya sekaligus memastikan bahwa HP tersebut tidak ada masalah. Apa sajakah itu? Silahkan simak berikut ini.

cara menggunakan hp android baru

1. Cek Kondisi Fisik Ponsel

Hal pertama dan utama yang wajib sobat lakukan setelah membeli handphone adalah memeriksa lagi kondisi fisik HP secara keseluruhan. Poin pertama ini sebaiknya kamu lakukan sewaktu masih berada di toko tempat kamu membeli, atau jika kamu membeli handphone secara online, cek fisik ini bisa kamu lakukan segera setelah barang diterima.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa ponsel baru itu baik-baik saja dan berada dalam kondisi sebagaimana harusnya sebuah ponsel baru. Jika kamu menemukan lecet atau cacat pada fisik handphone, segera laporkan ke tempat membeli agar diganti dengan barang yang lebih baik.

2. Baca Buku Petunjuk

Ini adalah hal wajib selanjutnya yang harus kamu lakukan. Buku Petunjuk pastinya berisi instruksi penting dari si pembuat handphone. Dengan membaca buku petunjuk, kamu akan tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap ponsel bersangkutan.

Adalah sebuah kesalahan besar jika pengguna tidak mebaca buku petunjuk yang telah disertakan dalam paket pembelian handphone, untuk itu tips nomor dua ini jangan pernah kamu lewatkan ya.

3. Cek IMEI

Setelah mengecek fisik handphone, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah cek nomor IMEI ponsel baru kamu tersebut. Hal ini penting karena menyangkut keaslian handphone. Setiap HP di seluruh dunia pasti memiliki IMEI yang berbeda, karena fungsinya lebih kurang seperti sidik jari pada manusia. Walaupun sangat jarang dijumpai HP dengan nomor IMEI yang 'tidak sah' tidak ada salahnya kamu mengeceknya untuk sekedar berjaga-jag.

4. Cek Semua Fungsi

Langkah keempat, kamu mestinya mengecek semua fungsi dan fitur pada handphone kamu, mulai dari konektivitasnya, jack audio, wifi, bluetooth, kamera depan & belakang, port microUSB dan lain sebagainya. Jika kamu menemukan sesuatu yang tidak normal, maka segera hubungi penjual agar diganti dengan produk yang lebih baik.

5. Cek Aplikasi Terinstal 

Hampir setiap vendor handphone telah memasang aplikasi yang berhubungan dengan merk dagangnya. Aplikasi-aplikasi itu seringnya tidak bermanfaat banyak bagi pengguna bahkan terkesan hanya menambah beban kerja ponsel. Silahkan cek aplikasi yang sudah terinstal pada HP baru kamu dan pilih mana aplikasi yang dibutuhkan dan aplikasi yang perlu dibuang.

Demikianlah lima tips setelah membeli Hp Android baru yang perlu kamu ketahui. Jika kamu mempraktekkan 5 tips di atas, maka dipastikan kamu akan nyaman dan tenang menggunakan HP tersebut. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Blogger pemula ysng tertarik tentang dunai teknologi dan menulis semampunya.


EmoticonEmoticon