Update Android 8.0 Oreo Hadir Untuk Xiaomi Mi A1

Xiaomi akhirnya mulai menghadirkan update Android 8.0 Oreo untuk Xiaomi Mi A1. Pengumuman itu dibuat kemarin 31 Desember 2017 pada akun Twitter resmi Xiaomi. Smartphone yang diluncurkan pada awal bulan september tahun lalu ini memang dijanjikan akan menerima update ke Android versi terbaru pada akhir yahun 2017.

Menurut informasi dari twitter, untuk menerima update OTA Android 8.0 Oreo pengguna smartphone Xiaomi Mi A1 harus sudah menjalankan update terbaru bulan Desember yang versi 7.12.19 (Android Nougat). Paket pembaruan hadir dalam ukuran 1107.4MB dan mencakup patch keamanan Android bulan Desember bersamaan dengan fitur baru lainnya.

Setelah sekitar hampir tiga minggu berada dalam tahap beta, kini update pengguna samrtphone Xiaomi Mi A1 sudah bisa mencicipi fitur baru pada Android 8.0 Oreo. Jadi jika sobat belum melihat notifikasi update Android 8.0 Oreo di smartphone tidak usah panik, mungkin akan sedikit membutuhkan waktu.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi A1 Terbaru 2018

Menurut halaman blog Xiaomi, update Android 8.0 Oreo pada Mi A1 menghadirkan banyak fitur tambahan, termasuk mode picture-in-picture (PiP), pemberitahuan yang dirubah, perlindungan Google Play Store, menu pengaturan baru, aplikasi file, masa pakai baterai yang lebih baik, pertunjukan teks cerdas, ikon adaptif, dan lebih banyak lagi.

Pihak Xiaomi telah melakukan perbaikan pada Aplikasi Drawer. Sekarang pengguna dapat menggesek ke atas pada layar untuk membuka laci aplikasi dari manapun. Pembaruan Android 8.0 Oreo menghadirkan tampilan notifikasi untuk bayangan pemberitahuan dan pengaktifan cepat.

Xiaomi juga memperkenalkan titik pemberitahuan pada aplikasi. Jadi jika sebuah aplikasi memiliki update, pengguna hanya bisa lama menekannya dan menu kecil akan muncul yang akan menampilkan pemberitahuan terbaru, jalan pintas, beserta Info aplikasi di bagian atas.

Update Android 8.0 Oreo yang hadir untuk Xiaomi Mi A1 juga menghadirkan mode Picture-in-Picture, saat ini hanya VLC dan YouTube yang memiliki fitur ini secara langsung. Fitur Picture-in-picture akan menampilkan konten di atas jendela sambil membiarkan pengguna melakukan tugas lainnya.

Update Android 8.0 Oreo Hadir Untuk Xiaomi Mi A1

Kerangka kerja Autofill juga hadir untuk Mi A1, ini akan memungkinkan aplikasi membuat dan memelihara daftar data pengisian otomatis mereka sendiri, mengisi saat dibutuhkan. Pengguna dapat mengubah setting dari 'Layanan Isi Otomatis' dalam Bahasa & masukan dalam setting. Untuk saat ini hanya layanan Google yang menggunakan fitur ini di smartphone Mi A1.

Pembaruan Android 8.0 Oreo terbaru juga membawa Notification Channels, yang memungkinkan aplikasi membuat kategori yang berbeda untuk pemberitahuan. Sekali lagi aplikasi perlu mengaktifkan ini, dan jika ini diaktifkan, pengguna hanya bisa mengetuk pemberitahuan sebenarnya, yang akan membuka menu khusus.

Menurut perusahaan asal Tiongkok, menu khusus ini akan membiarkan pengguna mengontrol, memprioritaskan dan melihat setiap pemberitahuan yang diposting oleh aplikasi tersebut. Android 8.0 Oreo juga akan membiarkan pengguna menunda beberapa notifikasi dengan menggesekkan dengan benar.

Modus 'Night Light' juga tersedia di Mi A1 yang dapat diaktifkandari pengaturan. Pilihan teks pintar, yang bisa ditawarkan untuk menghubungi nomor telepon untuk mencari petunjuk menggunakan Google Maps juga diaktifkan pada Mi A1. Xiaomi membenamkan pula dukungan fast charging. Dengan kata lain, fitur pengisian daya cepat kemungkinan besar akan hadir di pembaruan ini.

Update Android 8.0 Oreo hadir untuk Xiaomi Mi A1 juga menambahkan menu baterai baru dengan pilihan baterai yang sering digunakan seperti penghemat baterai dan kecerahan adaptif sekarang muncul tepat di atas. Grafik penggunaan baterai sekarang memiliki menu di bagian bawah, dan ini akan menyoroti aplikasi mana yang menggunakan jumlah persentase daya baterai.

Cara Update dan Download Android 8.0 Oreo di Xiaomi Mi A1 Terbaru 2018

Pada pembaruan terbaru ini akhirnya Xiaomi menghadirkan fitur "Rescue Party" yang akan otomatis diterapkan saat telepon berulang kali melakukan reboot, atau saat sebuah aplikasi mengalami crash. Harap di perhatikan bahwa pembaruan ini terus berlanjut ke semua pengguna dan itu berarti diperlukan beberapa waktu sebelum sampai ke perangkat sobat.

Namun sobat juga bisa mengecek pembaruan secara manual melalui telepon degan membuka Pengaturan >  Tentang Telepon >  Pembaruan Sistem > Periksa pembaruan. Perhatikan juga bahwa sobat harus butuh koneksi internet yang stabil dikarenakan ukuran update ini lebih dari 1GB. Selain itu baterai dalam keadaan minimal 50% untuk menginstal pembaruan OTA ini.

Xiaomi Mi A1 sendiri hadir dengan desain yang identik dengan Mi 5X, mengusung layar 5,5 inci full HD 2,5D berbalut material Corning Gorilla Glass. Adapun rangka bodinya tetap mengadopsi konsep unibody dengan lekukan pinggir melengkung. Dan secara keseluruhan, bodi Mi A1 dibalut dengan material aluminium yang membuatnya tampak lebih elegan.

Smartphone berkamera ganda ini merupakan hasil kerja sama Xiaomi dan Google. Harga Smartphone Xiaomi Mi A1 2018 di Indonesia adalah Rp 3.099.000, sedangkan varian warna yang di tawarkan yakni red, rose gold, black, dan gold.

Blogger pemula ysng tertarik tentang dunai teknologi dan menulis semampunya.


EmoticonEmoticon