Micromax Bharat Go, Ponsel Pertama Yang Gunakan Android Go

Micromax hari ini mengkonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan smartphone pertama yang tersedia dengan menggunakan sistem operasi Android Go, perusahaan tersebut memberi nama Bharat Go. Macromax bermitra dengan Google dan akan tersedia di India pada akhir Januari 2018. Bharat Go merupakan ponsel pertama yang gunakan Android Go.

Micromax akan memperkenalkan Bharat Go untuk memberikan pengalaman Android yang optimal sebagai ponsel entry-level bagi jutaan konsumen India. Android Oreo Go Edition adalah pengalaman yang sangat kuat untuk smartphone entry-level. Ini adalah yang terbaik dari Android, yang dibangun dengan aplikasi baru dan image baru, sehingga ponsel Android yang paling terjangkau pun semanis yang bisa diklaim perusahaan.

Micromax Bharat Go, Ponsel Pertama Yang Gunakan Android Go

Android Go adalah versi yang dipangkas dari Android Oreo yang ditujukan untuk smartphone berbiaya rendah. Google telah mengumumkan sistem operasi Android Go saat ajang Google I/O tahun 2017 lalu. Android Go adalah program yang mirip dengan Android One yang juga bertujuan untuk memperbaiki ekosistem ponsel dari segi anggaran.

Tujuan utama dari sistem operasi Android Go ada tiga, yaitu menghadirkan ponsel Android yang lebih ramah kantong dengan performa smartphone flagship, meminimalisir konsumsi internet oleh pengguna, serta menghadirkan aplikasi yang efisien memori dan data.

Android Go pada dasarnya mengoptimalkan peluncuran Android terbaru agar berjalan lancar pada perangkat entry-level, menyediakan seperangkat aplikasi Google yang menggunakan lebih sedikit memori, ruang penyimpanan, dan data seluler dan menampilkan keseluruhan katalog aplikasi penyorotan Google Play yang dirancang khusus untuk para pengguna.

Diluncurkan sebagai versi Android yang dioptimalkan, edisi Go bekerja bahkan dengan ponsel yang hanya memiliki RAM 512 MB dan memiliki akses ke banyak aplikasi yang dirancang untuk bandwidth rendah. Android Go punya beberapa aplikasi bawaan yaitu Google Go, Google Maps Go, Gmail Go, YouTube Go, Google Assistant Go, Files Go, Gboard, Chrome, dan Play. Semua aplikasi tersebut merupakan versi ringan dari aplikasi aslinya.

Sementara itu, Micromax belum mengungkapkan harga dan spesifikasi dari ponsel Bharat Go. Namun, kita bisa mengharapkannya menjadi smartphone entry-level yang memuaskan karena menjalankan Android Go.

Platform Android Go ditujukan untuk pasar yang sedang berkembang seperti India dengan tujuan menawarkan pengalaman Android yang solid kepada pengguna yang pertama kali membeli smartphone kelas pemula. Secara terpisah, dua pembuat prosesor mobile terbesar di dunia, MediaTek dan Qualcomm, telah mengumumkan dukungan untuk sistem operasi baru tersebut.

Selain Micromax, HMD Global kemungkinan akan meluncurkan ponsel yang menggunakan sistem operasi Android Go pada paruh pertama tahun ini. Dijuluki dengan nama Nokia 1, perangkat ini dikatakan menampilkan layar 5 inci, RAM 1GB dan memori internal 8GB.

Micromax tidak membagikan harga dari Bharat Go, ponsel pertama yang gunakan Android Go. Menurut rumor yang beredar menyebutkan bahwa ponsel tersebut akan dibanderol kurang dari Rs. 2000 atau sekitar Rp. 420.000. Mari kita tunggu saja peluncurannya pada akhir bulan ini.

Blogger pemula ysng tertarik tentang dunai teknologi dan menulis semampunya.


EmoticonEmoticon