Review Xiaomi Redmi Note 5 Pro, Hp Android Dual Camera dan Layar 18:9

Pada tahun 2017 banyak flagship Android hadir dengan layar yang memiliki resolusi tinggi dengan bazel tipis. Tentu, kami mulai melihat tren ini menetes ke segmen hp android mid-range dan entry level, seperti pada InFocus Vision 3 dan Honor 9 Lite. Smartphone keluaran Xiaomi memang telah menjadi favorit karena memiliki harga yang lebih murah dan spesifikasi yang mumpuni.

Xiaomi Redmi Note 4 telah menjadi peringkat teratas penjualan smartphone di tahun 2017, sehingga harapan untuk penawaran merk hp Android produsen asal China untuk tahunj 2018 sangat tinggi.
Xiaomi baru saja meluncurkan model yang lebih bertenaga dengan kamera yang lebih bagus, disebut Redmi Note 5 Pro.

Ini adalah ponsel android pertama yang memulai debut dengan menggunakan chipset Snapdragon 636 Qualcomm yang baru, mendukung display full-HD+ dan fitur inti CPU Kryo kustom Qualcomm sendiri. Di atas kertas semua ini terdengar bagus, yang menjadi pertanyaan adalah apakah Redmi 5 Pro layak masuk ke standar kelas premium? berikut ulasan Xiaomi Redmi Note 5 Pro.

Xiaomi Redmi Note 5 Pro Review, Spesifikasi dan Harga

Desain Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Dari depan, Redmi Note 5 Pro terlihat sangat mirip dengan Redmi Note 5, dengan sudut melengkung yang menonjol pada layar 18: 9. Ponsel ini masih memiliki batas yang terlihat dari kiri dan kanan layar, serta bagian atas dan bawah yang lebih tebal. Memiliki bobot 181 gram rasanya agak berat, yang bisa jadi karena logam belakang dan baterai besar. Warna putih dan emas terlihat bagus, tapi sobat juga bisa mendapatkan ponsel ini dengan warna hitam, biru, atau rose gold.

Layar 5,99 inci memiliki resolusi full-HD+, yang lebih lebar dari yang ditawarkan layar HD standar. Xiaomi mengklaim layarnya memiliki kecerahan maksimum 450 nits, yang berarti layarnya mudah terbaca bahkan di bawah sinar matahari langsung. Gorilla Glass telah digunakan untuk perlindungan goresan. Di atas layar, ponsel ini memiliki kamera menghadap depan, lubang suara, dan sensor.

Tombol volume dan daya ada di sebelah kanan telepon, dan sedikit di luar jangkauan saat Anda sedang memegang telepon dengan normal, namun terasa padat. Di atas, ada pemancar inframerah seperti pada smartphone Redmi Note sebelumnya. Di bagian bawah telepon, terdapat soket headphone 3.5mm, mikrofon, port Micro-USB, dan speaker.

Xiaomi Redmi Note 5 Pro Review, Spesifikasi dan Harga

Sayangnya, Redmi Note 5 Pro tidak memiliki port Type-C. Menimbang bahwa ini adalah model 'Pro', tentunya akan lebih bagus bila menggunakan konektor yang lebih baru. Di sebelah kiri, kita memiliki slot dual-SIM hybrid yang bisa menampung dua kartu SIM atau kartu microSD (sampai 128GB) di slot kedua.

Desainnya harus kita katakan, "sangat terinspirasi" oleh iPhone X. Bahkan pengaturannya pun sama, dengan dua sensor kamera mengapit lampu kilat dual-LED. Ponsel ini cukup tinggi, yang membuatnya menjadi tantangan untuk muat pas ke kantong celana, tapi itu tidak masalah. Di sisi lain, lebar bisa diatur, membuat ponsel ini mudah digenggam dengan satu tangan. Secara keseluruhan, Redmi Note 5 Pro ini dibangun dengan baik dan terlihat bagus.

Spesifikasi dan Fitur Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Redmi Note 5 Pro adalah ponsel pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 636 Qualcomm, yang telah diumumkan Oktober tahun lalu. Memiliki total delapan inti Kryo 260 yang dapat berjalan pada kecepatan clock maksimum 1,8GHz dan dibagi menjadi dua kelompok dari empat core 'kinerja' dan empat 'efisiensi' core. Sama seperti SoC Snapdragon 630 di Moto X4, yang satu ini dibuat menggunakan proses 14nm yang lebih kecil, namun dengan GPU Adreno 509 yang sedikit lebih cepat.

Qualcomm mengatakan bahwa GPU baru ini harus menawarkan kinerja gaming yang lebih baik dibandingkan dengan Adreno 508 di Snapdragon 630. Ketika di cek menggunakan AnTuTu, yang memberi kami nilai 85.838 poin, dan PCMark Work 2.0, yang memberi kami skor 5.619.

Redmi Note 5 Pro tersedia dengan RAM 4GB atau 6GB, meski penyimpanannya tetap sama pada 64GB di kedua varian. Pengguna dapat memperluas hingga 128GB ini menggunakan kartu miroSD. Ponsel ini juga memiliki Bluetooth v5, dual-band Wi-Fi 802.11ac, GPS, radio FM, USB-OTG, dan berbagai sensor termasuk giroskop serta 4G didukung dengan VoLTE.

Perangkat lunak MIUI 9 ponsel ini masih berbasis Android 7.1.1 Nougat, yang agak mengecewakan untuk dilihat dan kami tidak memiliki kata resmi kapan update Oreo akan diluncurkan. Setingan ikon khusus terlihat dipoles dan kami menyukai penggunaan warna pastel membuat tampilannya terlihat apik.

Xiaomi Redmi Note 5 Pro Review, Spesifikasi dan Harga

Layar utama paling kiri didedikasikan untuk memberi pengguna pembaruan bergaya kartu, cara pintas untuk aplikasi (pengguna juga dapat menambahkannya sendiri), ruang untuk mencatat cepat, skor kriket, dan acara kalender. Redmi Note 5 Pro memiliki banyak aplikasi pra-instal dari Xiaomi. Mi Drop memungkinkan untuk mengirim file melalui jaringan ad-hoc Wi-F. Ada juga Mi Store dan Mi Community, yang bisa dicopot jika tidak diinginkan.

Pengguna dapat mengubah tema UI, menggunakan sensor sidik jari untuk mengunci aplikasi atau mengambil gambar, dan mengatur jalan pintas untuk meluncurkan senter, kamera, dan sebagainya. Ada juga fitur MIUI yang familiar seperti Quick Ball, seperti panel shortcut AssistiveTouch Apple; mode satu tangan; dan Aplikasi Ganda, yang memungkinkan membuat dua contoh beberapa aplikasi sehingga dapat menggunakannya dengan banyak akun.

Menu Mode Layar Penuh memungkinkan memaksa aplikasi untuk menjalankan layar penuh (minus batang hitam di sisi), dan dapat mengatur panel navigasi agar menyembunyikannya secara otomatis untuk mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam. Pengguna juga dapat secara opsional mendaftar akun Mi Cloud, yang memberikan penyimpanan awan gratis sebesar 5GB untuk membackup kontak, pesan, kalender, catatan, dan lain lain.

Performa Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Untuk penggunaan sehari-hari varian RAM 4GB dari Redmi Note 5 Pro tampil sangat baik. Bagian bodi cukup tahan terhadap noda dan kotoran. Penerimaan panggilan bagus dan speaker cukup keras untuk peringatan dan beberapa pemutaran media. Ponsel ini juga berjalan cukup keren, bahkan untuk bermain game hanya sedikit hangat.

Xiaomi menghadirkan dual camera bagian belakang dengan ukuran masing-masing sebesar 12 MP dan 5 MP. Terdapat pula LED Flash di tengah-tengah kamera utama, membuatnya semakin mirip dengan iPhone X besutan Apple. Sementara kamera depannya berukuran 20 MP dan dilengkapi LED Flash juga untuk mendukung kegiata swafoto.

Hadir dalam 3 varian sekaligus, yaitu RAM 3 GB dengan penyimpanan internal 32 GB, RAM 4 GB dengan penyimpanan inetrnal 64 GB, serta RAM 6 GB dengan penyimpanan internal 64 GB. Untuk pertama kalinya, Xiaomi juga memperkenalkan fitur Face Unclock di Redmi Note 5 Pro. Baterai sebesar 4.000 mAh di sematkan untuk menopang kinerja ponsel ini.

Harga Xiaomi Redmi Note 5 Pro 

Xiaomi Redmi Note 5 Pro kemungkinan akan dijual dengan harga USD 220 atau setara dengan Rp 2,9 juta untuk varian RAM 4GB. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 5 Pro dengan RAM 6GB mungkin akan dijual USD 265 atau sekitar Rp 3,5 juta. Belum ada keterangan resmi kapan hp android dual camera ini masuk kepasar Indonesia.

Blogger pemula ysng tertarik tentang dunai teknologi dan menulis semampunya.


EmoticonEmoticon